Text
KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING PESERTA DIDIK KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL NUMERASI MATERI BILANGAN BULAT
Kemampuan computational thinking dianggap sebagai kemampuan dasar (membaca, menghitung, menulis) yang sangat diperlukan oleh setiap orang untuk menghadapi masalah yang ada pada abad ke-21 ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan computational thinking peserta didik kelas VII dalam menyelesaikan soal numerasi materi bilangan bulat. Penelitian ini adalah penelitian jenis deskriptif dengan pendekatan kuali-kuanti. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VII.1 SMP Negeri 32 Palembang sebanyak 29 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu tes dan wawancara yang memuat 4 indikator computational thinking, diantaranya (1) dekomposisi, (2) pengenalan pola, (3) abstraksi, dan (4) algoritma. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan computational thinking peserta didik berada pada kategori sedang dengan rata-rata sebesar 56.60. Hampir seluruh peserta didik dengan kategori tinggi, sedang dan rendah dapat memunculkan seluruh indikator, namun dengan nilai yang berbeda. Adapun indikator yang banyak muncul adalah dekomposisi dengan rata-rata 65.51 dan abstraksi dengan rata-rata 63.60. Sedangkan indikator yang sedikit muncul adalah pengenalan pola dengan rata-rata 52.87 dan algoritma dengan rata-rata 44.44. Sehingga dapat disimpulkan dari hasil penelitian ini bahwa kemampuan computational thinking peserta didik berada pada kategori sedang.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507000889 | T166662 | T1666622025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available