The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING PESERTA DIDIK KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL NUMERASI MATERI BILANGAN BULAT

Text

KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING PESERTA DIDIK KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL NUMERASI MATERI BILANGAN BULAT

Safitri, Azzahra Indah - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Kemampuan computational thinking dianggap sebagai kemampuan dasar (membaca, menghitung, menulis) yang sangat diperlukan oleh setiap orang untuk menghadapi masalah yang ada pada abad ke-21 ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan computational thinking peserta didik kelas VII dalam menyelesaikan soal numerasi materi bilangan bulat. Penelitian ini adalah penelitian jenis deskriptif dengan pendekatan kuali-kuanti. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VII.1 SMP Negeri 32 Palembang sebanyak 29 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu tes dan wawancara yang memuat 4 indikator computational thinking, diantaranya (1) dekomposisi, (2) pengenalan pola, (3) abstraksi, dan (4) algoritma. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan computational thinking peserta didik berada pada kategori sedang dengan rata-rata sebesar 56.60. Hampir seluruh peserta didik dengan kategori tinggi, sedang dan rendah dapat memunculkan seluruh indikator, namun dengan nilai yang berbeda. Adapun indikator yang banyak muncul adalah dekomposisi dengan rata-rata 65.51 dan abstraksi dengan rata-rata 63.60. Sedangkan indikator yang sedikit muncul adalah pengenalan pola dengan rata-rata 52.87 dan algoritma dengan rata-rata 44.44. Sehingga dapat disimpulkan dari hasil penelitian ini bahwa kemampuan computational thinking peserta didik berada pada kategori sedang.


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
2507000889T166662T1666622025Central Library (Reference)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T1666622025
Publisher
Indralaya : Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2025
Collation
xvi, 86 hlm.: Ilus., tab.; 29 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
371.307
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Metode Pembelajaran
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
EM
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING PESERTA DIDIK KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL NUMERASI MATERI BILANGAN BULAT
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search