Text
KEMAMPUAN GENERALISASI MATEMATIS SISWA SMA MATERI EKSPONEN PADA PEMBELAJARAN BERBASIS TEORI APOS
Kemampuan generalisasi pada peserta didik merupakan kemampuan yang sangat penting karena dapat melihat sejauh mana mereka memahami materi yang disampaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan generalisasi matematis siswa SMA materi eksponen pada pembelajaran berbasis teori APOS. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian adalah siswa SMA Azharyah Palembang kelas X 1 sebanyak 27 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dengan soal yang telah disesuaikan terhadap kemampuan generalisasi matematis. Data dianalisis berdasarkan hasil tes tertulis siswa dan dikategorikan sesuai kategori kemampuan generalisasi matematis yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil jawaban siswa, kemampuan generalisasi matematis siswa di SMA Azharyah Palembang kelas X 1 sebagian besar ada dalam kategori sedang dimana siswa dengan kategori kemampuan generalisasi tinggi sebanyak 8 dari 27 siswa dengan persentase 29,63%, kemudian 51,85% yaitu sebanyak 14 dari 27 pada kategori sedang, dan 18,52% yaitu sebanyak 5 dari 27 siswa berada pada kategori rendah. Dalam proses penyelesaian terdapat beberapa siswa yang terkendala seperti keliru dalam memahami soal, kesalahan dalam perhitungan matematis dan penulisan simbol, serta belum bisa menghitung perkalian dalam bentuk eksponen sehingga siswa kebingungan dalam penyelesaiannya.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507000890 | T166373 | T1663732025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available