Text
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SPLTV BERBANTUAN PHOTOMATH
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah melalui Problem Based Learning (PBL) pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) berbantuan Photomath. Subjek penelitian terdiri dari 33 peserta didik SMA Negeri Srijaya Negara Palembang kelas X.5. Penelitian ini termasuk dalam kategori deskriptif yang meliputi tiga tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap analisis data. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan wawancara. Data yang telah diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa kemampuan pemecahan masalah melalui pendekatan Problem Based Learning pada materi SPLTV yang dibantu dengan Photomath tergolong baik. Kemampuan peserta didik pada indikator memahami masalah terkategori baik sebab peserta didik mampu mengidentifikasi permasalahan. Kemudian kemampuan peserta didik indikator menyusun rencana penyelesaian terkategori baik sebab peserta didik mampu membuat pemisalan dan model matematika. Lalu pada indikator melaksanakan penyelesaian terkategori sangat baik, sebab peserta didik mampu menyelesaikan permasalahan menggunakan metode yang dipilih. Sedangkan, kemampuan peserta didik pada indikator mengecek kembali jawaban terkategori cukup, hal ini terjadi karena hanya beberapa yang membuktikan jawaban yang telah diperoleh.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507000865 | T166265 | T1662652025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available