Text
KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN DENGAN BANTUAN AI (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) PADA MATERI SPLDV
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir aljabar peserta didik kelas VIII menggunakan pembelajaran dengan bantuan AI (Artificial Intelligence) pada materi SPLDV. Subjek penelitian melibatkan 28 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 56 Palembang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif yang terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap analisis data. Data penelitian diambil dari hasil tes tertulis dan wawancara, kemudian dianalisis menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir aljabar peserta didik kelas VIII menggunakan pembelajaran dengan bantuan AI (Artificial Intelligence) pada materi SPLDV terkategori sedang. Kemampuan peserta didik pada indikator generasional termasuk kategori tinggi dengan presentase 88% karena peserta didik mampu menentukan variabel dan menghubungkan antar variabel dalam konteks masalah yang diberikan. Kemampuan peserta didik pada indikator transformasional terkategori sedang dengan presentase 69% sebab peserta didik masih terdapat kesalahan dalam menyajikan jawaban ke dalam bentuk grafik serta tidak melakukan operasi aljabar dengan tepat. Kemampuan peserta didik pada indikator level-meta global terkategori sedang dengan presentase 54%, hal ini terjadi karena hanya beberapa peserta didik yang dapat menuliskan kesimpulan dari permasalahan tersebut.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507000867 | T166549 | T1665492025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available