Text
KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI GEOMETRI TRANSFORMASI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN DESMOS
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa materi geometri transformasi melalui model Problem Based Learning berbantuan Desmos. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Srijaya Negara Palembang. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, tes dan wawancara. Pada analisis data hasil observasi, dibuat uraian singkat berdasarkan catatan lapangan. Pada analisis data tes, dilakukan pendeskripsian kemampuan subjek dalam berpikir kritis. Pada analisis data wawancara, dilakukan pentranskripsian hasil wawancara ke dalam bentuk tulisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI.1 SMA Srijaya Negara Palembang dalam kategori tinggi. Hal ini terlihat dari siswa yang mampu mengidentifikasi informasi dan permasalahan pada soal, mengatur strategi dan taktik, menggunakan suatu konsep, melakukan prosedur dan memberikan alasan, serta menyimpulkan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantuan Desmos pada materi geometri transformasi dapat melatih kemampuan berpikir kritis siswa.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507000868 | T166236 | T1662362025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available