Text
ANALISIS PERSPEKTIF TEORI PEMBELAJARAN SOSIAL BANDURA DI SMP SRIJAYA NEGARA: DETERMINAN PEMBENTUKAN SIKAP NASIONALISME PESERTA DIDIK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor pembentuk sikap nasionalisme pada peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP) melalui perspektif teori pembelajaran sosial Bandura. Teori ini menekankan pembelajaran melalui observasi, imitasi, dan modeling, yang relevan dalam internalisasi nilai-nilai nasionalisme. Penelitian difokuskan pada peserta didik kelas IX SMP Srijaya Negara, menggunakan pendekatan holistik untuk mengeksplorasi pengaruh lingkungan, kurikulum, dan interaksi sosial dalam membentuk sikap nasionalisme. Temuan menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti figur teladan (guru dan tokoh masyarakat), kegiatan ekstrakurikuler bertema nasionalisme, dan pembelajaran berbasis nilai kebangsaan berperan signifikan dalam membentuk sikap cinta tanah air, toleransi, dan partisipasi sosial peserta didik. Namun, tantangan seperti kurangnya keteladanan konsisten, pengaruh media sosial, dan kesenjangan antara teori dan praktik pembelajaran menghambat efektivitas proses tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini menggarisbawahi pentingnya kolaborasi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat dalam menciptakan ekosistem pembelajaran yang mendukung penguatan nilai-nilai nasionalisme.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507000874 | T165272 | T1652722025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available