Skripsi
PENGARUH TERPAAN IKLAN YOUTUBE AQUA X FAJAR SADBOY DAN HUMOR TERHADAP MINAT BELI AQUA PADA MAHASISWA KOTA PALEMBANG
Perubahan dunia periklanan dari iklan televisi ke platform digital terjadi seiring dengan meningkatnya akses internet dan perubahan perilaku konsumen, terutama generasi muda. Salah satu contohnya adalah AQUA yang menggunakan Fajar Sadboy dalam iklan untuk menarik perhatian audiens. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara terpaan iklan YouTube AQUA x Fajar Sadboy dan humor terhadap minat beli AQUA pada mahasiswa Kota Palembang. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu metode non- probability sampling dengan teknik convenience sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Kota Palembang, dengan sampel yang diperoleh sebanyak 96 responden. Data yang diperolch kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh dari masing-masing variabel yang diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial terpaan iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli dengan nilai thitung sebesar 2,066 dan nilai sig (p-value) sebesar 0,042. Selain itu, variabel humor secara parsial juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli dengan nilai thitung sebesar 8,352 dan nilai sig (p-value) sebesar 0,000. Secara simultan, terpaan iklan YouTube AQUA x Fajar Sadboy dan humor berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli AQUA pada mahasiswa Kota Palembang dengan nilai koefisien determinan (adjusted R3) sebesar 56,9%.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507001591 | T16890 | T1689012025 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available