The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE MENGGUNAKAN CANVA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI USAHA DAN ENERGI SMP KELAS VIII

Skripsi

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE MENGGUNAKAN CANVA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI USAHA DAN ENERGI SMP KELAS VIII

Husna, Hafizhah Aulia - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis artificial intelligence menggunakan Canva untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis pada materi usaha dan energi SMP kelas VIII yang valid dan praktis. Prosedur penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research) dengan menggunakan model pengembangan Rowntree yang mencakup tiga aspek utama, yaitu perencanaan, pengembangan, dan evaluasi. Evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah evaluasi formatif Tessmer, yang terdiri dari empat tahap: (1) self-evaluation, (2) expert review, (3) one-to-one evaluation, dan (4) small group evaluation. Teknik pengumpulan data meliputi walkthrough dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas pada tahap expert review dinyatakan sangat valid dengan persentase 87,5% aspek desain, 95,0% aspek materi, dan 87,5% aspek bahasa. Uji kepraktisan menunjukkan kategori sangat praktis dengan persentase 92,22% pada tahap one-to-one evaluation dan 93,97% pada tahap small group evaluation. Seluruh siswa mencapai keterampilan berpikir kritis dengan baik, dibuktikan oleh Indikator berpikir kritis menunjukkan ketercapaian tinggi, terutama dalam memfokuskan pertanyaan (100%). Selain itu, respons siswa terhadap media pembelajaran sangat positif, dengan efektivitas tertinggi pada indikator memfokuskan pertanyaan serta bertanya dan menjawab pertanyaan menantang (94%). Hasil ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang diterapkan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
2507001545T168621T1686212025Central Library (REFERENCES)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T1686212025
Publisher
Indralaya : Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya., 2025
Collation
xiv, 143 hlm.; ilus.; tab.; 29 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
538.07
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Ilmu Fisika
Prodi Pendidikan Fisika
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
TUTI
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE MENGGUNAKAN CANVA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI USAHA DAN ENERGI SMP KELAS VIII
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search