Skripsi
ANALISIS KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA MATERI KINEMATIKA PARTIKEL MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan keterampilan generik sains pada materi kinematika partikel mahasiswa semester 3 tahun akademik 2024/2025 Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sriwijaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Pada tahap pengembangan instrumen tes KGS dilakukan validasi oleh 2 validator, dan kekonsistenan instrumen tes dilakukan dengan teknik test-retest. Penelitian ini dilakukan pada 2 kelompok mahasiswa yang berbeda, kelompok pertama digunakan untuk menguji reliabilitas tes, dan kelompok kedua digunakan untuk mengetahui capaian kemampuan setiap indikator KGS yang dikembangkan. Hasil validitas oleh 2 validator disimpulkan valid, sedangkan hasil reliabilitas didapat 0,836 (sangat tinggi). Hasil kemampuan KGS untuk setiap indikator didapat: (1) pada indikator membangun konsep 68% (baik), (2) pemodelan matematika 59% (cukup), (3) hukum sebab akibat 57% (cukup), (4) bahasa simbolik 56% (cukup), (5) inferensi logika 56% (cukup) dan kerangka logika taat azas 55% (cukup). Cukupnya tingkat kemampuan mahasiswa ini diduga disebabkan banyak faktor, mulai penerapan metode pembelajaran yang tidak efektif, pengalaman serta kemampuan pribadi mahasiswa dalam memahami dasar ilmu pengetahuan fisika dan berkembang seiring bertambahnya pengetahuan. Kata Kunci: Keterampilan Generik Sains, Kinematika Partikel
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507001673 | T169188 | T1691882025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available