Text
STEREOTIP PEREMPUAN MENARIK INDONESIA DALAM IKLAN PANTENE: INTERVIEW KERJA YANG TERBERAT (2020) (ANALISIS WACANA KRITIS SARA MILLS)
Pantene meluncurkan iklan yang mengedukasi masyarakat mengenai mindset tentang berpenampilan menarik. Iklan Pantene versi "Interview Kerja Yang Terberat" dibuat dengan penggunaan pendekatan daya tarik emosional dengan melakukan social experiment dalam iklannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pendekatan analisis wacana kritis Sara Mills terhadap stereotip perempuan dalam iklan Pantene "Interview Kerja Yang Terberat". Metode yang digunakan pada penelitian ini kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan studi pustaka. Fokus pada penelitian ini adalah melihan bagaimana iklan Pantene: interview kerja yang terberat menggambarkan wacana stereotip menarik pada perempuan Indonesia. Hasil dari penelitian ini menunjukan Iklan "Interview Kerja Yang Terberat" berhasil menjadi medium edukatif yang mengajak penonton, khususnya perempuan, untuk mendekonstruksi standar kecantikan yang ada di masyarakat. Dengan menampilkan perempuan dari latar belakang dan penampilan yang berbeda, iklan ini memperlihatkan bahwa kecantikan bersifat subjektif dan tidak bisa diukur hanya melalui satu perspektif. Penelitian ini memperkuat gagasan bahwa setiap perempuan memiliki hak untuk merasa percaya diri dengan penampilannya, tanpa harus dibatasi oleh stereotip atau ekspektasi sosial yang ada.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507000726 | T166052 | T1660522024 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available