Text
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR MAHASISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH PRAKTIK KERJA BANGKU DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS SRIWIJAYA
Banyak sekali yang menjadi faktor keberhasilan ataupun kegagalan pada hasil belajar yang didapatkan mahasiswa, seperti dari faktor kecerdasan emosional dan minat belajar yang dimiliki setiap mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membuktikan adanya pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan teknik mesin pada mata kuliah praktik kerja bangku. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa pendidikan teknik mesin angkatan 2023 dengan jumlah sampel 62 orang. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menyebarkan angket kecerdasan emosional dan minat belajar dan untuk hasil belajar penulis melakukan penilaian langsung dengan rubik penilaian yang telah disiapkan. Teknik analisis data menggunakan bantuan program SPSS versi 26.0. Nilai rata- rata kecerdasan emosional yang dimiliki oleh mahasiswa yaitu sebesar 74,21 yang memasuki kategori sedang, nilai rata-rata minat belajar yaitu 54,08 dan nilai rata-rata hasil belajar yaitu 79,18. Hal ini diperkuat dengan uji hipotesis berdasarkan hasil penghitungan analisis regresi linier berganda. Hal ini membuktikan bahwa adanya pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap hasil belajar yang dimiliki mahasiswa. Artinya, dengan adanya kecerdasan emosional dan minat belajar yang baik makan semakin baik pula hasil belajar mahasiswa. Kata kunci : Hasil belajar, kecerdasan emosional, minat belajar, praktik kerja bangku
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507000443 | T165457 | T1654572025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available