Skripsi
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT. TELKOM WITEL SUMATERA SELATAN DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN PENGGUNA LAYANAN INDIBIZ
Kebutuhan internet untuk bisnis terus meningkat, mendorong PT Telkom Indonesia meluncurkan Indibiz pada Juli 2023. Layanan ini dirancang untuk membantu UMKM mengelola usaha mereka secara digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Informan penelitian meliputi Account Manager, Tim Sales Indibiz, dan Pelanggan Indibiz, dengan data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menemukan: (1) Indibiz menerapkan sistem pengelolaan konten tersentralisasi di Medan dengan memanfaatkan Google Analytics untuk menganalisis tren pasar; (2) Indibiz mengembangkan program promosi berdasarkan segmentasi pasar dan momen seasonal, didukung sistem insentif untuk tim sales; (3) Account Manager berperan strategis sebagai penghubung dengan stakeholders, mengelola workshop rutin dan sistem eskalasi bertingkat untuk penanganan masalah; (4) Indibiz unggul dalam layanan maintenance 24/7 dengan multiple channel pelaporan; (5) Sistem pengelolaan database pelanggan terverifikasi diimplementasikan dengan ketat mengikuti regulasi perlindungan data. Penelitian juga mengidentifikasi fluktuasi pengguna yang disebabkan oleh keterbatasan segmentasi pasar, positioning harga premium, dan tantangan teknis dalam transisi sistem. Meski menghadapi berbagai tantangan, strategi komunikasi pemasaran terpadu membantu Indibiz membangun kepercayaan pengguna melalui pendekatan yang mengutamakan kualitas layanan dan hubungan personal dengan pelanggan. Kata Kunci: Integrated Marketing Communication (IMC), Indibiz, Strategi Komunikasi Pemasaran.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507000598 | T165932 | T1659322024 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available