Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS OUTDOOR LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 10 PALEMBANG
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membuktikan pengaruh Problem Based Learning berbasis Outdoor Learning terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik SMA pada materi perubahan lingkungan. Metodologi penelitian menggunakan metode kuantitatif. Jenis rancangan penelitian adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain one group pretest dan postest dengan mengunakan uji Analysis of covariance (ANCOVA). Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X5 SMAN 10 Palembang dengan jumlah sampel 44 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan soal untuk hasil belajar dan angket untuk motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan Uji Analysis of covariance (ANCOVA) pada program SPSS versi 26.0. Nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen mengalami peningkatan yaitu pretest 30,68 dan posttest 64,55 Rata-rata nilai motivasi belajar kelas eksperimen juga mengalami peningkatan yaitu nilai pretest 73,59 dan posttest 86,36. Hal ini diperkuat dengan hasil uji hipotesis yaitu kelas eksperimen dengan nilai signifikansi 0,001(P>0.05) untuk motivasi belajar dan 0,000 untuk hasil belajar. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Outdoor Learning berpengaruh signifikan terhadap motivasi dan hasi belajar peserta didik pada materi perubahan lingkungan. Pembelajaran pada kedua kelas menggunakan Problem Based Learning akan tetapi kelas eksperimen menghasilkan pembelajaran dengan suasana baru yang dapat menciptakan semangat belajar kepada peserta didik. Peserta didik yang memiliki semangat belajar tinggi menunjukkan adanya motivasi belajardan peserta didik yang termotivasi akan menghasilkan nilai belajar yang baik.. Berdasarkan hal tersebut model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Outdoor Learning dapat dijadikan referensi model pembelajaran yang baik.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507000665 | T159859 | T1598592024 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available