The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of POLITICAL LEADERS COMMUNICATION: ANALISIS SENTIMEN MEDIA SOSIAL X TERHADAP PRABOWO SUBIANTO - GIBRAN RAKABUMING RAKA PADA KAMPANYE PEMILIHAN UMUM 2024

Skripsi

POLITICAL LEADERS COMMUNICATION: ANALISIS SENTIMEN MEDIA SOSIAL X TERHADAP PRABOWO SUBIANTO - GIBRAN RAKABUMING RAKA PADA KAMPANYE PEMILIHAN UMUM 2024

Djasmine, Salsabila Raudhatul - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Political leaders communication merupakan proses komunikasi yang dilakukan oleh pemimpin politik dalam menyampaikan pesan, visi, dan misi kepada khalayak atau pendukung untuk membangun citra, memperoleh dukungan, mempengaruhi opini masyarakat, serta mendapatkan suara. Pemimpin politik dapat menyampaikan pesan dan strategi politiknya tidak hanya secara langsung berupa pidato, debat, atau pernyataan masyarakat, tetapi juga dapat berupa dalam media sosial. Analisis sentimen di media sosial X terhadap pasangan calon nomor urut 02 Prabowo – Gibran selama masa kampanye pemilihan umum 2024 digunakan untuk melihat padangan serta opini masyarakat terhadap pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif guna memberikan persentase dan penjelasan mengenai hasil analisis sentimen. Analisis sentimen di media sosial X menggunakan kata kunci, Prabowo, #gemoy, Gibran, dan #samsul pada periode kampanye 28 November 2023 – 10 Februari 2024 yang didapatkan sebanyak 1.543 cuitan, setelah melewati tahapan preprocessing menjadi 1.006 cuitan. Dari total 1.006 cuitan didapatkan hasil sebanyak 28% sentimen positif, 51% sentimen negatif, dan 21% sentimen netral. Lalu, dilakukan analisis citra politik pada hasil sentimen menggunakan dimensi brand personality Aaker yang menunjukkan dimensi competence paling menonjol pada sentimen positif dan sentimen negatif. Kata Kunci: Sentimen, X, Prabowo Subianto, Gibran Rakabuming Raka


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
2507000393T164881T1648812024Central Library (Reference)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T1648812024
Publisher
Indralaya : Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sriwijaya., 2024
Collation
xvii, 232 hlm.; ilus.; tab.; 29 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
006.754 07
Content Type
Text
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
media sosial
Prodi Ilmu Komunikasi
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
MI
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • POLITICAL LEADERS COMMUNICATION: ANALISIS SENTIMEN MEDIA SOSIAL X TERHADAP PRABOWO SUBIANTO - GIBRAN RAKABUMING RAKA PADA KAMPANYE PEMILIHAN UMUM 2024
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search