Skripsi
ANALISIS ISI KUALITATIF PERSONAL BRANDING SHAKIRA AMIRAH MELALUI INSTAGRAM @shakiraamirah
Personal branding adalah upaya menggiring persepsi publik untuk menciptakan citra diri dengan menunjukkan nilai-nilai yang dimiliki. Penggunaan media sosial seperti Instagram merupakan pilihan yang tepat sebagai wadah penerapan personal branding. Penelitian ini bertujuan untuk melihat penerapan personal branding Shakira Amirah melalui Instagram @shakiraamirah. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan pendekatan kualitatif secara deskriptif. Teori personal branding yang digunakan adalah menurut McNally & Speak meliputi tiga dimensi pembentukan personal branding, yaitu Dimensi Kompetensi, Dimensi Standar, dan Dimensi Style. Penelitian ini melakukan analisis konten secara visual dan naratif pada unggahan Shakira periode 01 April 2024 – 30 September 2024 sebanyak 104 unggahan. Hasil analisis menunjukkan dimensi standar merupakan strategi yang paling dominan ditampilkan Shakira pada unggahannya, sebanyak 43 konten unggahan, dimensi style sebanyak 37 unggahan, dan dimensi kompetensi sebanyak 23 unggahan. Shakira berhasil memanfaatkan Instagram sebagai sarana penerapan personal branding dengan menerapkan ketiga dimensi-dimensi tesebut. Dimensi kompetensi menunjukkan nilai-nilai yang dimiliki, dimensi standar menunjukkan keaslian dan relevansi pada nilai dan norma, dan dimensi style menunujukkan cara Shakira dalam mendorong dimensi kompetensi dan dimensi standar. Hal ini membuat Shakira mendapatkan identitas diri dan citra diri yang baik serta positif di hadapan publik. Shakira dikenal publik sebagai sosok yang berpresati, inspiratif, edukatif, relatable. Kata Kunci: Analisis Isi Kualitatif, Personal Branding, Instagram, Shakira Amirah
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507000391 | T164948 | T1649482024 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available