Text
Kinerja Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Musi Kota Palembang
Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Musi Kota Palembang merupakan Badan Usaha Milik Daerah yang bergerak dalam bidang penyediaan air bersih bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran bagaimana kinerja Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Musi Kota Palembang khususnya dalam mendistribusikan air bersih melalui Unit Pelayanan Rambutan dilihat dari 4 (empat) perspektif dengan pendekatan balanced scorecard yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan prespektif pembelajaran dan pertumbuhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Unit analisis data dalam penelitian ini adalah Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Musi Kota Palembang di Unit Pelayanan Rambutan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada perspektif keuangan menunjukkan adanya efesiensi biaya yang dilakukan dalam penggunaan biaya transmisi dan distribusi. Pada perspektif pelanggan menunjukkan retensi pelanggan, akuisisi pelanggan dan pada kepuasan pelanggan adanya keluhan pelanggan. Pada perspektif proses bisnis internal menunjukkan bahwa inovasi yang dilakukan belum mencapai target sehingga dalam prosesnya masih terjadi kehilangan air serta dalam pelaksanaan bisnis belum sesuai dengan peraturan yang ada. Akan tetapi, adanya layanan purna jual yang diberikan kepada pelanggan. Sedangkan, pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan kurangnya pelatihan karyawan yang dilakukan guna meningkatkan kemampuan karyawan. Rekomendasi yang dapat penulis berikan ialah perlunya mengadakan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan karyawan serta peningkatan monitoring dalam melaksanakan pelayanan distribusi air bersih kepada pelanggan sehingga, pelaksanaan distribusi air bersih lebih maksimal sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2005 Tentang Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum.
No copy data
No other version available