Skripsi
RE-DESIGN PARAMETER TALPAC PADA MINING OPERATION DIVISION (MOD) UNTUK PERENCANAAN PENGANGKUTAN DUMPTRUCK LIEBHERR T282B BERDASARKAN KECEPATAN DAN ROLLING RESISTANCE DI PET BENDILI, DEPARTEMEN BINTANG, PT KALTIM PRIMA COAL
Pada kegiatan pengangkutan overburden di pit Bendili, PT Kaltim Prima Coal, faktor cycle time dumptruck merupakan hal paling penting untuk diperhitungkan. Mining Operation Division (MOD) telah menetapkan suatu parameter Talpac yang digunakan sebagai dasar dalam mengestimasi target cycle time dumptruck pada kegiatan pengangkutan. Pada parameter ditetapkan kecepatan ratarata dumptruck untuk tiap-tiap segmen jalan dengan kemiringan dan rolling resistance tertentu. Namun, kesesuaian antara cycle time hasil estimasi parameter Talpac MOD dengan kondisi saat ini belum diketahui, karena belum adanya penelitian kembali terhadap parameter tersebut. Kemungkinan tidak berlakunya parameter Talpac MOD bisa terjadi karena standar jenis alat angkut yang digunakan pada saat itu berbeda dengan jenis alat angkut yang digunakan saat ini, yaitu jenis Liebherr T282B. Sedangkan alat angkut yang digunakan pada saat penetapan parameter Talpac MOD digunakan alat angkut dengan jenis Caterpillar 789C. Setelah dilakukan pengukuran ternyata terdapat perbedaan yang besar antara cycle time hasil estimasi Talpac dengan aktual, yaitu 3,61 menit dan 4,11 menit untuk dua rute pengangkutan yang diobservasi. Sementara itu MOD menetapkan perbedaan antara planing dengan pengukuran langsung di lapangan adalah maksimum 2 menit untuk mengetahui keakuratan parameter Talpac. Dari hasil observasi diketahui perbedaan ini disebabkan oleh ketidaksesuaian standar jenis alat angkut yang digunakan antara parameter Talpac MOD dengan alat angkut yang dipakai saat ini. Standar alat angkut yang digunakan pada saat penetapan parameter Talpac MOD adalah Caterpillar 789C, sedangkan alat angkut yang ada sekarang adalah jenis Liebeherr T282B, sehingga dapat dikatakan parameter Talpac MOD tidak berlaku lagi untuk kondisi sekarang. Berdasarkan kondisi tersebut dilakukan modifikasi pada parameter MOD, yaitu dengan melakukan re-design nilai kecepatan alat angkut dan rolling resistance sesuai dengan tiap-tiap segmen jalan. Observasi dilakukan pada 2 rute pengangkutan yang ada di pit Bendili yaitu Panel 6 ke Badak Dump dan Panel 6 ke Kedapat Dump. Setelah dilakukan modifikasi, didapatkan cycle time yang diperoleh dari simulasi Talpac yang telah dimodifikasi mendekati cycle time aktual, perbedaan yang terjadi adalah 10 detik untuk rute Panel 6 ke Badak Dump dan 8 detik dari Panel 6 ke Kedapat Dump. Berdasarkan tetapan MOD bahwa perbedaan maksimum 2 menit antara aktual dengan perencanaan maka hal ini dikategorikan akurat. Jadi, parameter Talpac hasil modifikasi bisa digunakan sebagai perencanaan cycle time dumptruck yang ada di pit Bendili, PT Kaltim Prima Coal.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1307001562 | T143038 | T1430382013 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available