The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of ANALISIS SENTIMEN MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN REPUTASI BRAND ERSPO DENGAN ALGORITMA NAIVE BAYES DAN TEXT MINING

Skripsi

ANALISIS SENTIMEN MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN REPUTASI BRAND ERSPO DENGAN ALGORITMA NAIVE BAYES DAN TEXT MINING

Alamsyah, Fajar - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Brand Erspo adalah sebuah brand produk olahraga yang diproduksi oleh Perusahaan Erigo. Erigo sendiri adalah apparel lokal yang mengkhususkan diri pada streetwear fashion yang digunakan pria dan wanita. Erigo telah menjalin kerjasama dengan PSSI untuk merancang jersey Skuad Garuda, menggantikan brand sebelumnya yaitu Mills. Erspo sempat menjadi trending topik pada media sosial X setelah rilis jersey terbaru dan menimbulkan berbagai sentimen terkait desain, kualitas, dan harga jersey sehingga memerlukan analisis sentimen untuk mengetahui kepuasan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sentimen pengguna terhadap perhitungan reputasi brand Erspo di Indonesia. Penelitian ini menerapkan algoritma Text Mining dan Naïve Bayes dengan penggunaan metode Cross Industry Standard Process for Data Mining (CRISP-DM) sebagai pedoman dalam analisis. Analisis dilakukan dengan menggunakan data hasil crawling data melalui X berdasarkan kata kunci “Erspo” selama Maret-Mei 2024. Analisis terhadap 1.833 data Erspo hasil pembersihan dan menggunakan rasio 90:10 dalam membagi data ke dalam data latih dan data uji. Hasil analisis sentimen terhadap perhitungan indeks net brand reputation menghasilkan nilai -9,98 yang menunjukkan sentimen masyarakat lebih banyak mengandung sentimen negatif. Hasil Evaluasi dari klasifikasi yang sudah dilakukan menggunakan confusion matrix dan k-fold validation terhadap penggunaan algoritma Naïve Bayes menghasilkan akurasi sebesar 70,56%. Sentimen yang dominan dari penerapan algoritma Text Mining dan Naïve Bayes yaitu sentimen Negatif yang artinya Erspo dipandang negatif dengan kata yang sering muncul “erspo”, “jelek”, “desain”, “wkwk” yang mengungkapkan perasaan kecewa atas jersey Erspo. Analisis ini diharapkan mampu menjadi masukan dan wawasan yang mendukung perkembangan brand Erspo di Indonesia.


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
2507000083T162851T1628512024Central Library (Reference)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T1628512024
Publisher
Indralaya : Prodi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer., 2024
Collation
xv, 102 hlm.; ilus.; tab.; 29 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
518.107
Content Type
Text
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Algoritma
Prodi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
MI
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • ANALISIS SENTIMEN MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN REPUTASI BRAND ERSPO DENGAN ALGORITMA NAIVE BAYES DAN TEXT MINING
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search