Skripsi
ANALISIS FAKTOR PENENTU KEPUASAN PENGGUNA (PEGAWAI KECAMATAN) CARIYANLIK DI KECAMATAN PALEMBANG MENGGUNAKAN MODEL END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS)
Penelitian ini secara spesifik untuk mengetahui kepuasan pengguna terhadap sistem Sistem Informasi Pelayanan Publik Nasional (Cariyanlik) di Kota Palembang. Yang mana sistem Cariyanlik ini merupakan sistem pelayanan terpadu yang digunakan khususnya bagi pegawai kecamatan dalam melayani keperluan administrasi kependudukan di Kota Palembang. Dari hasil pengamatan penulis terhadap penggunaan terhadap Sistem Informasi Pelayanan Publik Nasional (Cariyanlik) di Kota Palembang, penulis mendapati bahwa ada beberapa keluhan, yakni terkadang sistem mengalami gangguan teknis, misalnya reload halaman yang cukup lama, terkadang halaman awal yang tidak bisa diakses, proses download berkas yang cukup lama, serta beberapa data yang belum diperbaharui. Hal-hal tersebut dianggap cukup berpengaruh terhadap tingkat penerimaan pengguna pada sistem ini. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan model End User Computing Satisfaction (EUCS), dengan pertimbangan bahwa model EUCS, sangat relevan dan dapat dengan mudah memberikan hasil yang tepat dalam menjelaskan tingkat kepuasan penggunaan sistem SIPPN. Analisis dilakukan menggunakan model EUCS untuk menentukan pengaruh dari setiap variabel EUCS terkait kepuasan pengguna SIPPN kecamatan di Kota Palembang, serta menggunakan SmartPLS sebagai tools analisisnya, Data yang di gunakan dalam Penelitian ini di dapat dengan cara menyebarkan Kuisioner kepada 119 Responden yang merupakan pegawai Kecamatan di kota palembang, data yanng telah dikumpulkan kemudian di olah dengan Menggunakan aplikasi SmartPLS, Berdasarkan hasil analisis pengukuran tingkat kepuasan pengguna didapatkan hasil P values dari variabel Content (0,002), Accuracy (0,010), Format (0,326), Ease of Use (0,002), dan Timeliness (0,005), dapat disimpulkan bahwa dari lima hipotesis yang dilakukan terdapat satu variabel format yang tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna, Hal tersebut dikarenakan sistem belum menyediakan semua layanan secara lengkap, sementara 4 variabel lainnya, yakni variabel content, accuracy, variabel Ease of Use dan timeliness sangat berpengaruh terhadap kepuasan pengguna.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507000080 | T163502 | T1635022025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available