Skripsi
PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS STEM MATERI FLUIDA STATIS PADA KONTEKS DANAU SHUJI UNTUK SISWA SMA
Telah berhasil dikembangkan E-Modul berbasis STEM materi fluida statis pada konteks Danau Shuji untuk siswa SMA yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahap: tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi. Tahap Evaluasi dalam penelitian ini menggunakan tahap evaluasi formatif Tessmer yang terdiri dari tahap: self evaluation, expert review, one to one evaluation, dan small group evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan walkthrough dan angket. Tingkat kevalidan E-Modul ini dinilai oleh tiga ahli, yakni satu ahli dalam aspek materi, satu ahli dalam aspek desain dan bahasa, serta satu ahli dalam aspek desain pembelajaran. Hasil uji validasi ahli E-Modul pada tahap expert review didapat data aspek materi sebesar 97,22% dengan kategori sangat valid, aspek desain dan bahasa sebesar 98% dengan kategori sangat valid, dan aspek desain pembelajaran sebesar 96,50% dengan kategori sangat valid. Sedangkan pada tahap one to one evaluation diperoleh penilaian rata-rata sebesar 91% dengan kategori praktis. Pada tahap uji coba small group evaluation diperoleh hasil penilaian rata-rata sebesar 96% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, berdasarkan hasil data penelitian, didapat E-Modul berbasis STEM materi fluida statis pada konteks Danau Shuji untuk siswa SMA yang valid dan praktis.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507000012 | T163201 | T1632012024 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available