Text
Pengembangan instrumen penilian sikap berdasarkan kurikulum 2013 pada pembelajaran IPA Kelas VII SMP
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian sikap berdasarkan Kurikulum 2013 berupa lembar observasi dan lembar penilaian diri siswa pada pembelajaran IPA khususnya materi kalor dan perpindahannya kelas VII yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan Model Rowntree. Subjek dalam penelitian ini adalah instrument penilaian sikap, yang diujicobakan di kelas VII.5 SMP Negeri 1 Palembang tahun ajaran 2013/2014. Pada tahap pendahuluan dilakukan analisis kebutuhan instrument penilaian sikap melalui observasi, analisis buku guru IPA Kurikulum 2013, selanjutnya dilakukan perumusan tujuan pembelajaran. Tahap pengembangan terdiri dari pengembangan topik, penyusunan draft berupa RPP dan LKS, dan pembuatan kisi-kisi hingga diproduksi menjadi instrumen sikap yang dibukukan. Sedangkan tahap evaluasi dilakukan pengumpulan data dengan lembar validasi kepada pakar dan angket kepraktisan. Uji validasi instrumen dilakukan oleh 3 dosen Universitas Sriwijaya dan 2 guru IPA. Uji kepraktisan dilakukan oleh seorang guru IPA dan 4 mahasiswa pendidikan fisika Unsri sebagai observer. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa instrumen sikap yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dan sangat praktis. Nilai kevalidan sebesar 4,3 dan nilai kepraktisan pada tahap one to one sebesar 77,77% dan tahap small group sebesar 83,05%. Hasil uji lapangan dengan menggunkan instrumen sikap ini menunjukkan nilai sikap siswa diatas KKM dengan rata-rata mendapat nilai B+.
No copy data
No other version available