The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENGARUH PEER EDUCATION TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP MENGHADAPI DISMENORE PADA SISWI KELAS 10-11

Skripsi

PENGARUH PEER EDUCATION TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP MENGHADAPI DISMENORE PADA SISWI KELAS 10-11

Ningsih, Murni Kurnia - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Remaja perempuan usia 15-18 tahun adalah remaja yang telah berada dimasa perkembangan seksual, yaitu haid. Pada saat siklusnya sebagian besar permasalahan yang dialami adalah nyeri haid atau dismenore. Kejadian dismenore tersebut dapat mengganggu aktivitas dan kenyamanan penderitanya, seperti nyeri yang kuat menjalar sampai kaki, sakit kepala, payudara bengkak, mual, muntah, hingga nyeri otot. Oleh karena itu, dibutuhkan penanganan yang tepat guna membantu menghadapi dismenore yang terjadi melalui peningkatan pada pengetahuan dan sikap remaja. Salah satu edukasi kesehatan yang efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja dalam menghadapi dismenore, yaitu dengan metode peer education. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peer education terhadap pengetahuan dan sikap menghadapi dismenore pada siswi kelas 10-11. Penelitian menggunakan desain eksperimen semu (Quasy Experiment) dengan rancangan pretest-posttest with control group design. Populasi penelitian adalah 112 siswi MA Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Sakatiga. Sampel adalah siswi dengan kriteria inklusi yang telah ditetapkan sebanyak 60 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode probability sampling dengan teknik stratified random sampling sedangkan data dianalisis dengan uji Kruskal-Wallis dan uji Post Hoc. Hasil penelitian uji bivariat menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada kelompok intervensi peer education dan ceramah terhadap pengetahuan dengan nilai p-value (α ≤ 0,05) dan tidak terdapat pengaruh pada kelompok intervensi peer education, ceramah, dan kelompok kontrol terhadap sikap dengan nilai p-value (α > 0,05). Sedangkan, hasil penelitian uji Post Hoc menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil pengetahuan setelah dilakukan intervensi antara kelompok kontrol-ceramah dan kelompok kontrol-peer education dengan p-value sebesar 0,000 (ɑ ≤ 0,05) dan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil sikap setelah dilakukan intervensi antara kontrol-peer education mendapat p-value sebesar 0,029 (ɑ ≤ 0,05). Peningkatan pengetahuan responden tentang dismenore terjadi karena adanya penambahan informasi melalui pendidikan kesehatan yang dilakukan oleh peneliti, salah satunya adalah peer education dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kesehatan melalui peer education dapat meningkatkan pengetahuan dan tidak sampai mengubah sikap responden. Penggunaan peer education diharapkan dapat menjadi salah satu strategi interaktif oleh pihak sekolah yang bekerja sama dengan tenaga kesehatan setempat dalam memberikan pendidikan kesehatan mengenai dismenore secara berkala.


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
2407000046T131158T1311582023Central Library (References)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T1311582023
Publisher
Indralaya : Prodi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran., 2023
Collation
xvi, 91 hlm.; ilus.; 29 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
612.660 7
Content Type
Text
Media Type
unmediated
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Prodi Ilmu Keperawatan
Dismenore pada siswi
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
KA
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • PENGARUH PEER EDUCATION TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP MENGHADAPI DISMENORE PADA SISWI KELAS 10-11
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search