Skripsi
PENGARUH DISEMINASI INFORMASI DAN CITRA ORGANISASI DINAS KESEHATAN KABUPATEN OGAN ILIR TERHADAP PENINGKATAN PUBLIC AWARENESS MENGENAI VAKSINASI COVID-19
Abstrak Keberadaan Corona Virus Disease 2019 telah merubah tatanan Dunia yang berdampak secara global,sebagai upaya penanganan Covid-19 dilakukan program vaksinasi untuk pembentukan herd immunity, pemenuhan informasi menjadi pokok utama dalam masa krisis, sekaligus membutuhkan citra organisasi untuk meningkatkan kesadaran publik (public awareness). Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh diseminasi informasi dan citra organisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Ilir terhadap peningkatan kesadaran publik (public awareness) mengenai vaksinasi Covid-19 dosis ketiga. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah Theory Diffusion of Inovation oleh Everett M. Rogers pada variabel diseminasi informasi, variabel citra organisasi menggunakan teori citra organisasi oleh Shirley Harrison dan variabel public awareness menggunakan Theory of Planned Behavior oleh Icek Ajzen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dimana menggunakan analisis data Structural Equation Model (SEM) yang kemudian diolah menggunakan software SmartPLS 3.0, terdapat 399 sampel dengan menggunakan teknik Purposive sampling dan Quota sampling. Hasil penelitian ini menunjukan diseminasi informasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap public awareness dengan nilai koeefisien jalur sebesar 0.072, dan nilai P-value sebesar 0.00 sedangkan nilai t-test sebesar 45.7 dan citra organisasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap public awareness dengan nilai koefisien jalur sebesar 0.819, P-value sebesar 0.00 dan t-test sebesar 2.78. Kemudian nilai R-square sebesar 0.699 pengaruh diseminasi informasi dan citra organisasi terhadap peningkatan public awareness mengenai vaksinasi Covid-19. ABSTRACT The existence of Corona Virus Disease 2019 has changed the world order which has a global impact, as an effort to deal with Covid-19, a vaccination program is carried out to form herd immunity, the fulfillment of information is the main point in times of crisis, as well as requiring an organizational image to increase public awareness. This study aims to determine the effect of information dissemination and organizational image of the Ogan Ilir Regency Health Office on increasing public awareness about the third dose of Covid-19 vaccination. The theory used in this study is the Diffusion of Innovation Theory by Everett M. Rogers on the information dissemination variable, the organizational image variable using the organizational image theory by Shirley Harrison and the public awareness variable using the Theory of Planned Behavior by Icek Ajzen. This research uses a quantitative method which uses Structural Equation Model (SEM) data analysis which is then processed using SmartPLS 3.0 software, there are 399 samples using Purposive sampling and Quota sampling techniques. The results of this study indicate that information dissemination has a positive and significant effect on public awareness with a path coefficient value of 0.072, and a P-value of 0.00 while the t-test value is 45.7 and organizational image has a positive and significant effect on public awareness with a path coefficient value of 0.819, a P-value of 0.00 and a t-test of 2.78. Then the R-square value is 0.699 the effect of information dissemination and organizational image on increasing public awareness about Covid-19 vaccination.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307004119 | T122995 | T1229952023 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available