Skripsi
HUBUNGAN REGULASI EMOSI DENGAN PERILAKU ASERTIF PADA SISWA SMAN KARANG JAYA
Masa remaja dikenal sebagai masa dimana hubungan dengan teman sebaya amat penting karena mereka lebih sering menghabiskan waktu bersama. Hal ini dapat menyebabkan mereka mudah terpengaruh oleh teman sebaya. Untuk menghindari hal tersebut individu harus memiliki kemampuan dalam berperilaku asertif dan dapat meregulasi emosinya agar dapat mengambil tindakan yang tepat ketika dihadapkan pada suatu situasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi emosi dengan perilaku asertif pada siswa kelas XI SMAN Karang Jaya. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 69 siswa sebagai sampel melalui google form dan menggunakan skala likert sebagai instrumen penelitiannya. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah data terbanyak pada tingkat regulasi emosi 75.3% dan perilaku asertif 68.1% yang masing-masing berada pada kategori “sedang” dan menghasilkan 0.243 sebagai nilai korelasi pearson product moment yang menunjukkan adanya hubungan yang lemah/ rendah sesuai dengan interval koefisien 0.20 – 0.39 dan searah antara regulasi emosi dan perilaku asertif pada siswa kelas XI SMAN Karang Jaya, artinya semakin tinggi kemampuan siswa dalam meregulasi emosinya semakin tinggi juga perilaku asertifnya, sebaliknya semakin rendah kemampuan siswa dalam meregulasi emosinya semakin rendah juga perilaku asertifnya.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407005006 | T153199 | T1531992024 | Central Library (References) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available