Skripsi
PENGEMBANGAN E-MODUL POLIMER SEBAGAI MATERIAL DAN POLIMERISASI PERTUMBUHAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menciptakan E-Modul Polimer yang menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah dalam program studi pendidikan kimia, yang dapat dianggap valid, praktis, dan efektif. Dalam penelitian ini, digunakan model pengembangan materi pembelajaran Four Steps Teaching Material Development (empat S TMD), yang meliputi tahap seleksi, strukturisasi, karakterisasi, dan reduksi didaktik. E-Modul Polimer yang menggunakan pendekatan berbasis masalah divalidasi oleh sejumlah ahli, termasuk ahli materi, ahli pedagogi, dan ahli desain, yang memberikan penilaian tinggi terhadap kualitasnya.Validitas e-modul tersebut didukung oleh penilaian ahli yang menunjukkan nilai rata-rata sebesar satu (tinggi) untuk setiap aspek penilaian. Kepraktisan e-modul tersebut diperkuat oleh hasil survei yang menunjukkan bahwa sembilan puluh lima komah delapan persen dari mahasiswa menilai e-modul tersebut sangat praktis. Sedangkan, efektivitas e-modul tersebut terbukti dari hasil tes belajar yang menunjukkan skor N-Gain sebesar nol komah tujuh, yang menandakan peningkatan yang tinggi dalam pemahaman materi setelah menggunakan e-modul tersebut. Kata kunci: Penelitian Pengembangan, empat S TMD, E-Modul polimer sebagian dan polimerisasi pertumbuhan berbasis pbl
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407003613 | T145811 | T1458112024 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available