Skripsi
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN E-LEAFLET BERBANTUAN APLIKASI CANV A TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 2 PALEMBANG
BSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh media pembelajaran eleaflet berbantuan aplikasi Canva terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 2 Palembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen dengan mengguakan metode pre eksperimen design dalam bentuk one- group pretets-posttest design. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh sampel pada kelas X.6 yang berjumlah 47 peserta didik. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan data tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi pearson product moment, uji koefisien determinan dan uji-t. Hasil uji korelasi pearson product moment yaitu 0.976 menunjukkan bawa terdapat hubungan antara kedua variabel. Hasil uji koefisien determinan yaitu 97% menunjukkan bahwa media pembelajaran e-leaflet berpengaruh sebesar 97% sedang 3% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil uji-t diperoleh bahwa > maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh media pembelajaran e-leaflet terhadap hasil belajar peserta didik. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran ELeaflet berbantuan aplikasi Canva terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 2 Palembang. Diharapkan dengan diterapkan media pembelajaran e-leaflet dapat meningkatkan minat dan semangat belajar peserta didik sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat dengan maksimal sesuai dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP) yang telah ditetapkan. Kata kunci : Media Pembelajaran E-Leaflet Berbantuan Aplikasi Canva, Hasil Belajar
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407003130 | T144928 | T1449282024 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available