Skripsi
PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN LUDO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG BULLYING DI SMP NEGERI 45 PALEMBANG
Fenomena bullying disekolah terutama sekolah menengah pertama makin marak terjadi, mulai dari bullying fisik, bullying verbal, bullying sosial, dan yang terbaru cyberbullying. Salah satu metode yang bisa digunakan untuk mencegah Tindakan bullying adalah memberikan pemahaman kepada siswa melalui layanan Bimbingan dan Konseling. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Permainan Ludo dengan materi Bullying sebagai media Bimbingan dan Konseling untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang bullying di SMP Negeri 45 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Teknik analisis data yang digunakan yaitu validasi dan angket, lalu produk yang dihasilkan di uji cobakan pada tahap implementasi dengan melalui 3 tahap yaitu tahap one to one kepada 4 siswa, tahap small group kepada 6 siswa dan tahap field test kepada 8 siswa yang sudah dipilih secara acak. Hasil validasi produk menunjukan bahwa produk Permainan Ludo Materi Bullying memenuhi kriteria valid dengan indikator penilaian dari 3 validator yaitu media, materi dan bahasa. Permainan ludo ini juga dikatakan praktis setelah dilakukan impelentasi media kepada siswa dengan kategori sangat ptaktis yaitu 98%. Oleh karena itu, Permainan Ludo dengan materi Bullying telah memenuhi kriteria valid, praktis serta dapat meningkatkan pemahaman bullying di SMP Negeri 45 Palembang. Saran diharapkan media permainan ludo ini dapat membantu sekolah dalam penyampaian layanan informasi Tindakan pencegahan bullying disekolah
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407003383 | T145665 | T1456652024 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available