Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KEMBALI TEKS HIKAYAT SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MADANG SUKU I
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh model pembelajaran Blended Learning berbasis Google Classroom dalam menulis hikayat siswa kelas X SMA Negeri 1 Madang Suku 1. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain penelitian true eksperimental design bagian Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian ini terdiri dari 1 kelas yaitu kelas X 3 berjumlah 38 siswa yang dibagi menjadi 2 yaitu 19 siswa untuk kelas ekperimen menggunakan model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Google Classroom dan 19 siswa untuk kelas kontrol. Tes yang diberikan adalah tes awal sebelum diberi perlakuan dan tes akhir setelah diberi perlakuan menggunakan model Blended Learning berbasis Google Classroom. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, yaitu keterampilan menulis. Sementara, pengolahan data yang digunakan ialah perhitungan uji- t menggunakan program SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 60,53 meningkat menjadi 82,63 pada tes akhir. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 22,1. Nilai rata-rata tes awal kelas kontrol 62,63 meningkat menjadi 72,63 pada tes akhir. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 10. Hasil analisis data dengan uji-t menunjukkan bahwa signifikansi (2 sisi) p = 0,000
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407003460 | T145575 | T1455752024 | Central Library | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available