Skripsi
PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI LIMBAH GAS BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA
ABSTRAK Pengembangan E-Modul materi limbah gas telah dilakukan dalam pembelajaran di mata kuliah teknologi pengolahan limbah di Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Sriwijaya. Proses pengembangan ini menggunakan metode 4D, yaitu Define (Definisi), Design (Desain), Development (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Data untuk pengembangan ini diperoleh melalui wawancara, angket, walkthrough, dan tes. Tahap evaluasi dilakukan melalui analisis kelayakan, kepraktisan, dan efektivitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan E-Modul berbasis Project Based Learning tentang limbah gas yang valid, praktis dan efektif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Kimia Angkatan 2021 yang mengambil mata kuliah teknologi pengolahan limbah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Modul yang dikembangkan mendapat nilai kevalidan yang tinggi dari ahli desain (1), ahli materi (1), dan ahli pedagogik (0,95). Kepraktisan E-Modul pada tahap pengujian pertama mencapai 91%, yang menunjukkan kategori sangat praktis. Efektivitas E-Modul pada tahap pengujian kedua mencapai skor 0,80, yang menunjukkan kategori tinggi. Dengan demikian, E-Modul yang dihasilkan valid, praktis dan efisien, sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran teknologi pengolahan limbah. Kata kunci: E-Modul, Project Based Learning, Limbah Gas
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407003592 | T145913 | T1459132024 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available