Text
Kemampuan berfikir kreatif siswa pada pembelajaran matematika dengan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) di kelas VIII SMP Negeri 1 Inderalaya
Kemampuan berpikir kreatif siswa merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika. Kemampuan berpikir kreatif dapat dikembangkan dengan menerapkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) karena adanya prinsip dan karakteristik PMRI yang diterapkan dalam pembelajaran yaitu penemuan kembali secara terbimbing dan pemodelan dalam pemecahan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran matematika di kelas VIII SMP. Metode dalam peneltian ini adalah metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Indralaya yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Adapun indikator dari siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif adalah kelancaran dalam berpikir, keluwesan dalam berpikir, dan kebaruan dalam berpikir. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa sebanyak 93,34% siswa tergolong dalam kategori cukup kreatif.
No copy data
No other version available