Skripsi
PENGEMBANGAN SKALA BERBASIS WEB UNTUK MENGUKUR PERILAKU MENARIK DIRI SECARA SOSIAL (SOCIAL SELF-WITHDRAWL) PADA SISWA PENGGUNA MEDIA SOSIAL DI SMP
Social self-withdrawl atau menarik diri merupakan salah satu gangguan perilaku dalam perkembangan sosial anak. Di era milenial, aktivitas penggunaan media sosial menjadi salah satu penyebab utama munculnya perilaku social self-withdrawl ini. Anak-anak terlalu sibuk dan lebih intens menghabiskan waktunya berhari-hari bersama media sosial sehingga mereka lebih senang menarik diri dan jarang sekali melakukan interaksi terhadap lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain dan memvalidasi skala berbasis web untuk mengukur perilaku social self withdrawl pada siswa pengguna media sosial di SMP. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research Development). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP sebanyak 30 siswa untuk pilot test dan 125 siswa yang dilibatkan pada main test yang dipilih secara random di SMP Negeri 45 Palembang. Penentuan sampel dalam penelitian ini berdasarkan hasil analisis kebutuhan melalui wawancara terhadap dua guru BK. Berdasarkan hasil penelitian sebanyak 23 item yang diberikan semuanya valid dengan diperoleh tingkat reliabilitas Alpha Cronbach’s sebesar 0,946 dan hasil uji kepraktisan dengan nilai I-SPI 1,00 yang menyatakan bahwa skala sangat praktis. Penelitian ini menghasilkan skala berbasis web yang valid, reliabel dan praktis sehingga dapat digunakan oleh guru bimbingan dan konseling disekolah untuk mengevaluasi perilaku menarik diri secara sosial (social self-withdrawl) pada siswa pengguna media sosial.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407003390 | T145612 | T1456122024 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available