Skripsi
PERBANDINGAN EFEK TELL-SHOW-DO DAN BUBBLE BREATH PLAY TERHADAP KECEMASAN DENTAL PADA ANAK USIA 6-8 TAHUN DI PUSKESMAS OPI
Latar Belakang: Riset Kesehatan Dasar 2018 menunjukkan 67,3% anak usia 5-9 tahun mengalami masalah rongga mulut, namun hanya 14,6% anak menerima perawatan. Kecemasan dental merupakan salah satu penyebab anak tidak ke dokter gigi. Rasa cemas pada anak dapat mengganggu perawatan gigi sehingga manajemen perilaku sangat diperlukan. Manajemen perilaku yang dapat dilakukan sebagai upaya membangun sikap kooperatif anak saat perawatan gigi adalah tell-show-do dan bubble breath play. Tujuan: Mengetahui signifikasi perbedaan efek tell-show-do dan bubble breath play terhadap kecemasan dental pada anak. Metode: Penelitian quasy eksperiment dengan desain penelitian pre-test and post-test melibatkan 32 anak yang dibagi menjadi 2 kelompok. Masing-masing kelompok diukur facial image scale, tekanan darah, dan denyut nadi pada pre-test, lalu diberi perlakuan sesuai kelompok. Kelompok tell-show-do diberi penjelasan (tell), pertunjukkan (show), dan pemeriksaan (do). Kelompok Bubble Breath Play diinstruksikan untuk bermain gelembung secara bebas, menarik napas panjang, kemudian meniup gelembung sebanyak 5 kali. Dilakukan pemeriksaan oleh dokter gigi dan evaluasi kembali saat post-test dengan pengukuran yang sama dengan pre-test. Hasil: Bubble breath play memberikan efek yang lebih besar dalam mengatasi kecemasan dental dibandingkan kelompok tell-show-do dengan perbedaan pada kedua kelompok, yaitu nilai facial image scale berbeda tidak signifikan (P=0,228), tekanan darah sistolik berbeda tidak signifikan (P=0,317), tekanan darah diastolik berbeda signifikan (P=0,041), dan denyut nadi berbeda signifikan (P=0,027). Kesimpulan: Terdapat perbedaan yang signifikan antara efek tell-show-do dan bubble breath play terhadap tekanan darah dan denyut nadi, sedangkan terhadap facial image scale terdapat perbedaan yang tidak signifikan.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407003895 | T147845 | T1478452024 | Central Library (Refferens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available