The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PERBANDINGAN EFEK TELL-SHOW-DO DAN BUBBLE BREATH PLAY TERHADAP KECEMASAN DENTAL PADA ANAK USIA 6-8 TAHUN DI PUSKESMAS OPI

Skripsi

PERBANDINGAN EFEK TELL-SHOW-DO DAN BUBBLE BREATH PLAY TERHADAP KECEMASAN DENTAL PADA ANAK USIA 6-8 TAHUN DI PUSKESMAS OPI

Febriyanti, Monalisa - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Latar Belakang: Riset Kesehatan Dasar 2018 menunjukkan 67,3% anak usia 5-9 tahun mengalami masalah rongga mulut, namun hanya 14,6% anak menerima perawatan. Kecemasan dental merupakan salah satu penyebab anak tidak ke dokter gigi. Rasa cemas pada anak dapat mengganggu perawatan gigi sehingga manajemen perilaku sangat diperlukan. Manajemen perilaku yang dapat dilakukan sebagai upaya membangun sikap kooperatif anak saat perawatan gigi adalah tell-show-do dan bubble breath play. Tujuan: Mengetahui signifikasi perbedaan efek tell-show-do dan bubble breath play terhadap kecemasan dental pada anak. Metode: Penelitian quasy eksperiment dengan desain penelitian pre-test and post-test melibatkan 32 anak yang dibagi menjadi 2 kelompok. Masing-masing kelompok diukur facial image scale, tekanan darah, dan denyut nadi pada pre-test, lalu diberi perlakuan sesuai kelompok. Kelompok tell-show-do diberi penjelasan (tell), pertunjukkan (show), dan pemeriksaan (do). Kelompok Bubble Breath Play diinstruksikan untuk bermain gelembung secara bebas, menarik napas panjang, kemudian meniup gelembung sebanyak 5 kali. Dilakukan pemeriksaan oleh dokter gigi dan evaluasi kembali saat post-test dengan pengukuran yang sama dengan pre-test. Hasil: Bubble breath play memberikan efek yang lebih besar dalam mengatasi kecemasan dental dibandingkan kelompok tell-show-do dengan perbedaan pada kedua kelompok, yaitu nilai facial image scale berbeda tidak signifikan (P=0,228), tekanan darah sistolik berbeda tidak signifikan (P=0,317), tekanan darah diastolik berbeda signifikan (P=0,041), dan denyut nadi berbeda signifikan (P=0,027). Kesimpulan: Terdapat perbedaan yang signifikan antara efek tell-show-do dan bubble breath play terhadap tekanan darah dan denyut nadi, sedangkan terhadap facial image scale terdapat perbedaan yang tidak signifikan.


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
2407003895T147845T1478452024Central Library (Refferens)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T1478452024
Publisher
Inderalaya : Prodi Kedokteran Gigi dan Mulut, Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya., 2024
Collation
xvi, 60 hlm.; ilus.; tab.; 28 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
617.630 7
Content Type
Text
Media Type
unmediated
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Penyakit gigi dan gusi
Prodi Kedokteran Gigi dan Mulut
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
SEPTA
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • PERBANDINGAN EFEK TELL-SHOW-DO DAN BUBBLE BREATH PLAY TERHADAP KECEMASAN DENTAL PADA ANAK USIA 6-8 TAHUN DI PUSKESMAS OPI
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search