Skripsi
IDENTIFIKASI SENTIMEN TERHADAP FAKTOR PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL PAYPAL PADA GOOGLE PLAY STORE MENGGUNAKAN METODE DECISION TREE
PayPal merupakan salah satu akun virtual yang menyediakan layanan transfer dan pembayaran online dengan jumlah pengguna mencapai sekitar 429 juta orang. Akan tetapi, PayPal tidak termasuk dalam kategori 3 besar dompet digital yang sering digunakan masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu, PayPal perlu melakukan sesuatu untuk meningkatkan daya saing antar dompet digital lainnya di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sentimen pengguna terhadap faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan PayPal di Indonesia berdasarkan teori bauran pemasaran 4P dan menerapkan model Decision Tree untuk menentukan sentimen pengguna terhadap aspek-aspek sesuai teori bauran pemasaran 4P. Pengujian kinerja model Decision Tree menggunakan K-Fold Cross Validation dengan nilai k=5 dan kriteria gain ratio pada aspek produk memiliki nilai akurasi sebesar 78,34%, presisi sebesar 70,85%, dan recall sebesar 38,00%. Pada aspek harga, nilai akurasi sebesar 90,69%, presisi sebesar 46,94%, dan recall sebesar 34,72%. Pada aspek tempat, nilai akurasi sebesar 57,40%, presisi sebesar 60,46%, dan recall sebesar 36,00%. Pada aspek promosi, nilai akurasi sebesar 68,65%, presisi sebesar 63,33%, dan recall sebesar 54,62%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna PayPal memberikan sentimen negatif yang signifikan pada aspek produk (97,33% sentimen negatif), harga (99,68% sentimen negatif), dan tempat (96,72% sentimen negatif), sedangkan sentimen positif yang lebih tinggi ditemukan pada aspek promosi (62,18% sentimen positif). Oleh karena itu, PayPal disarankan untuk meningkatkan kualitas layanannya dalam hal produk, harga, dan tempat, sambil terus mempertahankan kualitas promosi.
| Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
|---|---|---|---|---|
| 2407002464 | T143044 | T1430442024 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available