Skripsi
PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SMA BINA WARGA 1 PALEMBANG
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SMA Bina Warga 1 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Design dengan bentuk nonequivalent control group design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X yang berjumlah 283 peserta didik, sampel penelitian menggunakan teknik Non Probability Sampling jenis Purposive Sampling dengan jumlah total sampel sebanyak 71 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Berdasarkan pada data hasil belajar peserta didik yang tidak diberikan perlakuan didapati hasil rata-rata sebesar 61,11 dengan peningkatan rata-rata sebesar 15,28, sedangkan rata-rata kelas eksperimen yang diberikan perlakuan terdapat nilai sebesar 82,43 dengan peningkatan rata-rata sebesar 21,32.Selanjutnya dengan melihat nilai signifikansi hasil uji paired sample t-test diperoleh hasil nilai signifikansi sebesar 0,000. Berdasarkan kriteria asumsi pada data di atas nilai signifikansi adalah 0,000
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407001071 | T139830 | T1398302024 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available