Skripsi
EFEKTIVITAS MEDIA EDUKASI “DAILY BOOK CHALLENGE” TERHADAP CARA MENYIKAT GIGI PADA ANAK DI SD N 02 PALEMBANG
Latar belakang: Angka kejadian gigi rusak, berlubang, atau sakit di Sumatera Selatan cukup tinggi yaitu 45,1% dimana 54% diantaranya dialami oleh anak usia sekolah. Upaya pencegahan perilaku karies dapat dilakukan dengan teknik menyikat gigi yang baik dan benar. Penyuluhan pada anak sekolah dasar dinilai sangat penting karena usia ini disebut sebagai masa kritis pada anak dan dianggap sebagai usia yang efektif dalam memberikan informasi melalui media yang menarik dan mudah dimengerti. Tujuan: Untuk mengetahui efektivitas media edukasi "daily book challenge" terhadap cara menyikat gigi pada anak di SD N 02 Palembang. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain pre-test dan post-test. Penelitian ini melibatkan 84 anak di SD N 02 Palembang yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok perlakuan dengan intervensi menggunakan media edukasi "daily book challenge" dan kelompok kontrol tanpa intervensi. Pengukuran pengetahuan dan teknik menyikat gigi dengan kuesioner dan video. Analisis statistik menggunakan Mann-Whitney Test. Hasil: Terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol pada skor pengetahuan dan video menyikat gigi yang benar dengan nilai p=0,000 (p
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407004080 | T149624 | T1496242024 | Central Library (Refferens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available