Skripsi
KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING SISWA KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL MATERI HIMPUNAN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan computational thinking siswa kelas VII dalam menyelesaikan masalah kontekstual materi himpunan dan melihat bagaimana pembelajaran yang dilakukan oleh guru terhadap kemampuan computational thinking siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Srijaya Negara Palembang. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengolah data hasil tes tertulis dan pendekatan kualitatif dalam penyajian data. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa observasi, tes tertulis dan wawancara yang memuat empat indikator computational thinking, diantaranya (1) dekomposisi, (2) pengenalan pola, (3) abstraksi, dan (4) algoritma. Hasil analisis data dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan computational thinking siswa SMP Srijaya Negara Palembang termasuk kategori sedang dengan nilai rata-rata 62. Siswa dengan kategori tinggi dapat memunculkan seluruh indikator, siswa dengan kategori sedang dapat memunculkan tiga indikator, dan siswa dengan kategori rendah dapat memunculkan satu indikator saja. Adapun indikator yang dominan muncul adalah indikator pengenalan pola dengan nilai rata-rata sebesar 68.51 dan abstraksi dengan nilai rata-rata sebesar 63.70. Sedangkan indikator yang sedikit muncul adalah dekomposisi dengan nilai rata-rata sebesar 57.03 dan algoritma dengan nilai rata-rata sebesar 59.62. Selain itu, pembelajaran yang diberikan oleh guru belum sepenuhnya mengaitkan dengan indikator computational thinking, dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru masih dominan dengan metode konvensional dan metode tanya jawab.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407002035 | T142341 | T1423412024 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available