The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING SISWA KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL MATERI HIMPUNAN

Skripsi

KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING SISWA KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL MATERI HIMPUNAN

Pratiwi, Ulpa Gusti - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan computational thinking siswa kelas VII dalam menyelesaikan masalah kontekstual materi himpunan dan melihat bagaimana pembelajaran yang dilakukan oleh guru terhadap kemampuan computational thinking siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Srijaya Negara Palembang. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengolah data hasil tes tertulis dan pendekatan kualitatif dalam penyajian data. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa observasi, tes tertulis dan wawancara yang memuat empat indikator computational thinking, diantaranya (1) dekomposisi, (2) pengenalan pola, (3) abstraksi, dan (4) algoritma. Hasil analisis data dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan computational thinking siswa SMP Srijaya Negara Palembang termasuk kategori sedang dengan nilai rata-rata 62. Siswa dengan kategori tinggi dapat memunculkan seluruh indikator, siswa dengan kategori sedang dapat memunculkan tiga indikator, dan siswa dengan kategori rendah dapat memunculkan satu indikator saja. Adapun indikator yang dominan muncul adalah indikator pengenalan pola dengan nilai rata-rata sebesar 68.51 dan abstraksi dengan nilai rata-rata sebesar 63.70. Sedangkan indikator yang sedikit muncul adalah dekomposisi dengan nilai rata-rata sebesar 57.03 dan algoritma dengan nilai rata-rata sebesar 59.62. Selain itu, pembelajaran yang diberikan oleh guru belum sepenuhnya mengaitkan dengan indikator computational thinking, dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru masih dominan dengan metode konvensional dan metode tanya jawab.


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
2407002035T142341T1423412024Central Library (Referens)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T1423412024
Publisher
Indralaya : Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya., 2024
Collation
xvi, 232 hlm.; ilus.; 29 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
510.07
Content Type
Text
Media Type
unmediated
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Pembelajaran Matematika
Prodi Pendidikan Matematika
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
KHARISMA
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING SISWA KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL MATERI HIMPUNAN
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search