Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK DI TK B SUNGAI RENGAS KECAMATAN MARO SEBO ULU JAMBI
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran auditory, intellectually, repetition terhadap kemampuan berbicara anak di TK B Sungai Rengas Kecamatan Maro Sebo Ulu Jambi. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk untuk membantu anak dalam menigkatkan hasil kemampuan berbicara anak melalu model pembelajaran AIR. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimen dengan desain One Shot Case Study dan teknik Purposive Sampling. Purposive Sampling adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Sampel yang diteliti berjumlah 20 anak. Penelitian ini menggunakan 3 tahap prosedur penelitian meliputi: tahapan persiapan, tahapan pelaksanaan, dan tahapan akhir. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes dan observasi. Observasi dilakukan secara pengamatan tersetruktur dengan menggunakan format checklist. Nilai hipotesis sementara yang digunakan adalah berada dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) yakni 91. Hasil nilai tes akhir menghasilkan nilai rata-rata sebesar 96,3 dan berada dalam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), kemudian dilakukan perhitungan uji-t yang memperoleh nilai t hitung sebesar 7,16 dibandingkan dengan nilai t tabel sebesar 1,73 yang artinya t hitung 7,16 ≥ t tabel 1,73 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran AIR terhadap kemampuan berbicara pada anak usia (5-6) tahun di TK Sungai Rengas Kecamatan Maro Sebo Ulu Jambi.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407003612 | T145945 | T1459452024 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available