Skripsi
MISKONSEPSI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PADA MATERI TEKANAN ZAT DAN PENERAPANNYA
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk dan tingkat miskonsepsi yang dialami oleh siswa sekolah menengah pertama pada materi tekanan zat dan penerapannya di SMP Negeri 1 Indralaya Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini ialah siswa kelas IX.A dan IX.B SMP Negeri 1 Indralaya Utara berjumlah 26 orang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes diagnostik three tier test yang terdiri dari 20 soal. Analisis data dilakukan menggunakan tabel intrepertasi hasil three tier test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 67,20% siswa mengalami miskonsepsi dengan kategori sedang. Miskonsepsi tertinggi ditemukan pada sub konsep tekanan sebesar 82,04% dengan kriteria miskonsepsi tinggi, sedangkan miskonsepsi terendah ditemukan pada sub konsep hubungan antara gaya dan luas permukaan terhadap besarnya tekanan sebesar 59,61% dengan kriteria miskonsepsi sedang. Hasil penelitian ini diharapakan dapat memberikan informasi mengenai miskonsepsi yang terjadi pada siswa SMP Negeri 1 Indralaya Utara pada materi tekanan zat dan penerapannya serta dapat menjadi saran penelitian lanjutan pada materi yang lebih spesifik, dapat mengetahui penyebab miskonsepsi dan Upaya meremediasi miskonsepsi tersebut. Kata Kunci : Miskonsepsi, Pemahaman Konsep, Three Tier Diagnostic Test, Tekanan Zat dan Penerapannya
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407000229 | T137713 | T1377132023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available