Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN-BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA SMA KELAS X MATERI HUKUM NEWTON
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran brainbased learning terhadap pemahaman konsep fisika siswa SMA kelas X pada materi Hukum Newton. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods dengan desain penelitian eksperimen. Siswa diberi pretest untuk mengetahui keadaan awal sebelum diberikan perlakuan kemudian diberi post-test untuk mengetahui keadaan akhir setelah diberikan perlakukan dengan model pembelajaran brain-based learning. Subjek dalam penelitiaan ini adalah siswa kelas X IPA 1 di SMA Negeri 2 Palembang tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes berbentuk pilihan ganda Force Concept Inventory (FCI) yang berjumlah 30 soal, untuk mengukur pemahaman konsep siswa yang dilihat dari hasil belajar siswa. Hasil tes dari pretest dan posttest setelah dianalisis terdistribusi normal dan homogen maka dilakukan uji hipotesis dengan uji-t dependen. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman konsep siswa dengan menggunakan model pembelajaran brain-based learning. Kata Kunci: Brain-based learnig, pemahaman konsep, Hukum Newton
| Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
|---|---|---|---|---|
| 2007001552 | T32429 | T324292020 | Central Library (References) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available