Skripsi
IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @pemkab.oganilir TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS
Instagram adalah platform yang paling popular di kalangan masyarakat saat ini. Tidak hanya sebagai alat komunikasi, Instagram dapat sebagai tempat mencari dan berbagi informasi. Pemerintahan Kabupaten Ogan Ilir adalah salah satu instansi pemerintahan yang menggunakan Instagram dalam menyebarkan informasi tentang daerahnya kepada masyarakat. Instagram @pemkab.oganilir memiliki 5,9 ribu followers dan 3,6 ribu postingan pada Oktober 2023, tetapi dengan jumlah followers yang begitu banyak, tampaknya tidak ada interaksi video atau foto. Hanya dua puluh hingga lima puluh akun biasanya memiliki jumlah like dan komen pada postingan. Menurut (Chris Heuer dalam buku Solis (2010)) terdapat 4 Indikator yang harus ada di media sosial, yaitu Indikator 4C. Hal tersebut meliputi, Context, Communication, Collaboration, dan Connection. Menurut Syaffril ada 4 pendekatan agar mengetahui informasi seperti apa yang dibutuhkan pengguna dalam memenuhi kebutuhan informasinya diantaranya : Current need approach, Everyday need, Exhaustic need approach dan Catching up need approach. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan metode analisis data yaitu PLS-SEM. Pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden. Analisis data dilakukan menggunakan SmartPls dengan pengujian outer model dan inner model. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa nilai koefisien parameter variabel context, communicaton, collaboration dan connection bernilai positif. Nilai t-value variabel context, collaboration dan connection lebih besar dari t-tabel 1,96 dan nilai p-value lebih kecil dari 0.05. Sedangkan variabel nilai t-value pada variabel communicaton lebih kecil dari t-tabel 1,96 dan nilai p-value lebih besar dari 0.05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa context, collaboration dan connection berpengaruh positif secara signifikan terhadap variabel kebutuhan informasi sedangkan communicaton berpengaruh positif tidak signifikan terhadap variabel kebutuhan informasi.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407003174 | T145192 | T1451922024 | Central Library (Referensi) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available