Skripsi
MPLEMENTASI METODE USER CENTERED DESIGN (UCD) PADA SISTEM INFORMASI INVENTARIS BERBASIS WEBSITE DI SEKOLAH DASAR( STUDI KASUS : SD NEGERI 239 PALEMBANG )
Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Republik Indonesia Nomor 67 Tahun 2015 tentang tata kelola inventaris sekolah. Hadirnya sistem informasi memegang peranan penting khususnya dalam dunia pendidikan. Penyebaran informasi saat ini sangat mendukung untuk bisa dikembangkan menjadi suatu sistem yang menggunakan kemajuan teknologi. pengembangan sistem informasi inventaris sekolah dianggap sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari panduan pemerintah untuk meningkatkan standar pengelolaan pendidikan di Indonesia. Sistem ini diharapkan mampu memberikan dampak positif terhadap kinerja operasional sekolah. Berdasarkan hasil observasi penelitian pada studi kasus Sekolah Dasar Negeri 239 Palembang yang telah dilakukan, diketahui bahwa proses pendataan inventaris barang masih kurang efektif. Barang inventaris di sekolah tersebut belum ada pendataan mengenai peminjaman, pembelian barang dan pencatatan peminjaman barang masih dilakukan secara manual. Dalam mengembangkan sistem informasi inventaris sekolah berbasis website, penting untuk memiliki konsep yang sesuai dengan kebutuhan. User Centered Design (UCD) dapat dipahami sebagai suatu pendekatan yang berlandaskan pada kebutuhan dan kepentingan pengguna. Dari evaluasi sistem dengan menggunakan uji blackbox, disimpulkan bahwa sistem beroperasi sesuai dengan tujuannya dan tidak ada kesalahan yang terdeteksi. Hasil akhir uji kegunaan menggunakan System Usability Scale (SUS) menunjukkan skor akhir sebesar 81.38%. Ini menunjukkan bahwa pengguna memberikan penilaian positif terhadap kualitas dan kemudahan penggunaan sistem.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407002084 | T142446 | T1424462024 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available