Skripsi
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN TINGKAT KEPUASAN SISWA TERHADAP LAYANAN DASAR BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS WEB DI SMA
Kepuasaan peserta didik sangat penting untuk mengukur kebermutuan layanan BK di sekolah, karena dengan tingkat kepuasan peserta didik yang tinggi maka kebermutuan layanan BK di sekolah sudah sangat bagus. Untuk mengukur kepuasan peserta didik dengan kebermutuan layanan BK diperlukan instrumen yang baik untuk mengukurnya, tetapi instrument yang ada saat ini bisa dikatakan belum baik untuk mengukur kepuasan peserta didik terhadap kebermutuan layanan BK. Oleh karena itu perlu dilakukan pengembangan instrument. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrument berbentuk e-skala untuk mengukur tingkat kepuasan siswa terhadap layanan dasar bimbingan dan konseling di SMA. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Subjek pada penelitian ini adalah 19 untuk pilot test dan 302 untuk main test yang dipilih secara acak dari sekolah menengah. Berdasarkan hasil penelitian item sebanyak 32 pernyataan dikatakan valid dengan nilai item tertinggi 0,657 dan item terendah 0,384 dengan tingkat reliabilitas 0,914 dan relibilitas kepraktisan 89%. Penelitian ini menghasilkan e-skala berbasis web yang valid, reliabel, dan praktis sebagai alat ukur tingkat kepuasan siswa terhadap layanan dasar di SMA. Adapun rekomendasi untuk kedepan adalah memperbanyak jumlah responden dari berbagai macam daerah supaya bisa digunakan dalam jangkauan luas.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407003361 | T145681 | T1456812024 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available