Skripsi
KEMAMPUAN LITERASI DAN PEMODELAN MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 2 INDRALAYA
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemodelan dan literasi matematika siswa SMP Negeri 2 Indralaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun subjek pada penelitian ini adalah 29 orang siswa kelas VIII.B SMP Negeri 2 Indralaya. Teknik pengumpulan data berupa tes tertulis yang menggunakan konteks kehidupan sehari-hari dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemodelan matematika siswa SMP Negeri 2 Indralaya tergolong dalam kategori rendah. Rendahnya kemampuan pemodelan matematika siswa terletak pada tahap mengubah permasalahan kontekstual ke bentuk matematika. Hal ini disebabkan oleh siswa yang belum mampu memahami permasalahan pada soal dengan baik. Siswa juga belum menginterpretasikan hasil yang diperoleh menjadi solusi masalah di dunia nyata dan mengoreksi kembali solusi yang didapatkan. Pada kemampuan literasi matematika, siswa juga menunjukkan bahwa hanya ada bebarapa indikator yang dapat dicapai dengan baik. Rata-rata siswa belum mampu mengkonversi permasalahan menjadi bentuk matematika dan merepresentasikan permasalahan matematika. Kata kunci: Kemampuan pemodelan, kemampuan literasi matematika, konteks
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407002350 | T142831 | T1428312024 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available