Skripsi
PENGEMBANGAN SOAL LITERASI SAINS BIOLOGI BERBASIS FRAMEWORK ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X SMA
Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan soal literasi sains biologi berbasis Framework Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) pada materi perubahan lingkungan yang valid, reliabel, dan praktis. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI. P III. A di SMA Negeri 13 Palembang. Penelitian ini dilakukan bersadarkan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Djaali dan Mulyono (2008). Tahapan pengembangan ini terdiri dari sintesa teori dan analisis kebutuhan, konstruksi variabel dan tujuan pembelajaran, membuat kisi-kisi, penyusunan instrumen dan penskoran, validasi teoritik, revisi, validasi empiris, dan analisis data tes. Tahap analisis data tes dilakukan berdasarkan hasil empiris yang terbagi menjadi uji validitas, uji reliabilitas, dan analisis butir item. Analisis butir item bertujuan untuk menganalisis tingkat kesukaran, daya pembeda, dan pengecoh (distraktor). Penilaian validitas berdasarkan tiga ahli validator yaitu ahli isi materi (3,71) dengan kategori sangat valid, ahli framework AKM (3,50) dengan kategori sangat valid, dan ahli bahasa (3,80) dengan kategori sangat valid. Hasil penilaian dari ketiga ahli didapatkan bahwa produk termasuk kategori sangat valid dengan nilai (3,67). Penilaian validitas juga berdasarkan angket kepraktisan pada tahap validasi empiris didaptkan nilai (4.53) produk termasuk kategori praktis. Hasil reliabilitas soal AKM termasuk kategori reliabel. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa soal literasi sains biologi berbasis framework AKM pada materi perubahan lingkungan termasuk soal yang valid, reliabel, dan praktis.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407003609 | T145825 | T1458252024 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available