Skripsi
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK IPA TERPADU BERBASIS PROJECT BASED LEARNING TOPIK SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS VIII SMP
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk Lembar Kerja Peserta Didik IPA Terpadu berbasis Project Based Learning (PjBL) topik sistem peredaran darah manusia yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP IT Raudhatul Ulum dengan melibatkan peserta didik kelas VIII. Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan ADDIE yang dimodifikasi dengan evaluasi formatif Tessmer. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, validasi, angket dan tes hasil belajar. Data hasil penelitian dianalisis mengguanakan formula Aiken’s V, skala likert dan uji N-gain. Hasil penelitian tahap uji validitas menunjukkan bahwa kevalidan pedagogik menurut koefisien Aiken sebesar 0,90 dengan kategori tinggi, kevalidan materi sebesar 0,85 dengan kategori tinggi dan kevalidan desain sebesar 0,88 dengan kategori tinggi. Tahap uji praktis menunjukkan bahwa pada tahap one to one evaluation diperoleh peresentase sebesar 91,11% dengan kategori sangat praktis dan pada tahap small group evaluation diperoleh persentase sebesar 92,59% dengan kategori sangat praktis. Hasil analisis uji efektivitas melalui pretest dan posttest diperoleh persentase sebesar 80,33% dengan kategori efektif menurut tafsiran efektivitas N-gain Score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD IPA Terpadu berbasis PjBL topik sistem peredaran darah manusia untuk peserta didik SMP kelas VIII memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407003547 | T145941 | T1459412024 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available