The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

Pengaruh model means eno's analysis terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA N I Tg batu

Mu'a Llimin - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran means end’s analysis terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Tanjung Batu. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian eksperimen dengan desain Pre-Experimental Design bentuk One-Group Pretest-Postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS yang terdiri dari 3 kelas semester ganjil tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 89 orang. Sampel diambil secara random dengan teknik Cluster Sampling didapat kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran means end’s analysis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik parametris menggunakan rumus uji hipotesis (uji-t) dengan taraf signifikansi (α) = 5% dan dk= n-2 jadi (dk= 30 -2= 28). Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 3.217 sedangkan ttabel sebesar 1,701. Hal ini berarti hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya, bahwa ada pengaruh model pembelajaran means end’s analysis terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Tanjung Batu. Pengaruhnya dapat dilihat pada perbandingan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dengan rerata pretes sebesar 48 dan postes sebesar 79. Artinya terjadi peningkatan hasil belajar setelah diberi perlakuan model pembelajaran Means End’s Analysis. Oleh karena itu, diharapkan bagi guru untuk mempersiapkan perangkat pembelajaran berupa RPP, materi yang akan disampaikan dan model pembelajaran means end’s analysis serta mengkondisikan kelas sebelum melakukan proses pembelajaran supaya proses pembelajaran menjadi nyaman.
Kata-kata kunci : model pembelajaran means end’s analysis, hasil belajar


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
330.7/Mua/p/2015
Publisher
Inderalaya : Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan., 2015
Collation
53 hlm. : ilus
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
330.7
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Ekonomi-pendidikan
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search