Text
Pengaruh model means eno's analysis terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA N I Tg batu
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran means end’s analysis terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Tanjung Batu. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian eksperimen dengan desain Pre-Experimental Design bentuk One-Group Pretest-Postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS yang terdiri dari 3 kelas semester ganjil tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 89 orang. Sampel diambil secara random dengan teknik Cluster Sampling didapat kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran means end’s analysis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik parametris menggunakan rumus uji hipotesis (uji-t) dengan taraf signifikansi (α) = 5% dan dk= n-2 jadi (dk= 30 -2= 28). Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 3.217 sedangkan ttabel sebesar 1,701. Hal ini berarti hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya, bahwa ada pengaruh model pembelajaran means end’s analysis terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Tanjung Batu. Pengaruhnya dapat dilihat pada perbandingan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dengan rerata pretes sebesar 48 dan postes sebesar 79. Artinya terjadi peningkatan hasil belajar setelah diberi perlakuan model pembelajaran Means End’s Analysis. Oleh karena itu, diharapkan bagi guru untuk mempersiapkan perangkat pembelajaran berupa RPP, materi yang akan disampaikan dan model pembelajaran means end’s analysis serta mengkondisikan kelas sebelum melakukan proses pembelajaran supaya proses pembelajaran menjadi nyaman.
Kata-kata kunci : model pembelajaran means end’s analysis, hasil belajar
No copy data
No other version available