Skripsi
STRATEGI GURU PPKN DALAM MENANAMKAN NILAI INTEGRASI PADA PESERTA DIDIK YANG BERBEDA SUKU DI SMA NEGERI 1 SUNGAI LILIN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi gora PPKn dalam menanamkan nilai integrasi pada peserta didik yang berbeda suku di SMA Negeri 1 Sungai Lilin. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling dengan 7 orang informan. Teknik pengumpulan data yakni wawancara, dokumentasi, dan observasi. Uji keabsahan data yaitu uji kreadibilitas, uji dependabilitas, uji konfirmabilitas serta analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penyajian kesimpulan. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa strategi guru PPKn dalam menanamkan nilai integrasi pada peserta didik yang berbeda suku di SMA Negeri 1 Sungai Lilin melalui cara (1) Pengorganisasian, meliputi: mengatur posisi duduk peserta didik secara bergantian, metode acak pembagian kelompok, membentuk keakraban, memberi materi mengenai integrasi, (2) Penyampaian, meliputi: menyampaikan materi ajar tentang integrasi, menerapkan pembiasaan, dan perubahan sikap, (3) Pengelolaan, meliputi penilaian (evaluasi) sehingga peserta didik memiliki nilai-nilai baik yang tercermin dalam dirinya, seperti toleransi dan gotong royong. Kata kunci: Strategi Guru, Integrasi, Suku Bangsa
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407002068 | T142404 | T1424042024 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available