Skripsi
PENGARUH PERMAINAN CONGKLAK TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK KELOMPOK B DI TK TATAKU KESUMA TALANG KELAPA PALEMBANG
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh permainan congklak terhadap kemampuan berhitung pada anak usia (5-6) Tahun di TK Tataku Kesuma Talang Kelapa Palembang. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk untuk membantu anak dalam mengenal lambang bilangan serta berhitung dengan menggunakan permainan congklak. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimen dengan desain One Shot Case Study dan teknik Purposive Sampling. Purposive Sampling adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Sampel yang diteliti berjumlah 15 anak. Penelitian ini menggunakan 3 tahap prosedur penelitian meliputi: tahapan persiapan, tahapan pelaksanaan, dan tahapan akhir. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes dan observasi. Observasi dilakukan secara pengamatan ter struktur dengan menggunakan format checklist. Nilai hipotesis sementara yang digunakan adalah berada dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) yakni 83. Hasil nilai tes akhir menghasilkan nilai rata-rata sebesar 93 dan berada dalam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), kemudian dilakukan perhitungan uji-t yang memperoleh nilai t hitung sebesar 5,17 dibandingkan dengan nilai t tabel sebesar 1,76 yang artinya t hitung 5,17 ≥ t tabel 1,76 maka H 0 ditolak dan H a diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan congklak memiliki pengaruh terhadap kemampuan berhitung pada anak usia (5-6) tahun di TK Tataku Kesuma Talang Kelapa Palembang.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407001318 | T140237 | T1402372024 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available