Skripsi
IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA TENTANG PERUBAHAN IKLIM
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi mahasiswa program studi Pendidikan fisika pada materi perubahan iklim yang mencakup pemanasan global, efek rumah kaca, penipisan lapisan ozon, dan hujan asam. Penelitian ini dilakukan pada 61 mahasiswa calon guru fisika di Universitas Sriwijaya. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrument tes soal berupa 13 soal pilihan ganda dalam bentuk three tier diagnostic test. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah 1)rata-rata pemahaman konsep mahasiswa program studi Pendidikan fisika kategori paham konsep sebesar 32,41%, mahasiswa yang mengalami miskonsepsi sebesar 63,81% dan yang tidak paham konsep sebesar 3,78%. 2) terdapat 108 miskonsepsi yang ditemukan terhadap mahasiswa program studi Pendidikan fisika dari 13 soal yang diujikan terkait materi perubahan iklim. Hasil penelitian ini menjelaskan telah teridentifikasi miskonsepsi yang dialami mahasiswa program studi Pendidikan fisika pada materi perubahan iklim yaitu terkait dalam penyebab pemanasan global akibat penipisan lapisan ozon, namun penyebab asli pemanasan global itu disebabkan oleh gas rumah kaca. Dan pemanasan global ini merupakan salah satu penyebab perubahan iklim. Kata kunci : Identifikasi, Miskonsepsi, Perubahan Iklim
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407000793 | T139280 | T1392802024 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available