Skripsi
KAJIAN TENTANG SISTEM MANAJEMEN PEMELIHARAAN JALAN REL KERETA API JALUR KERTAPATI-PRABUMULIH
Perkeretaapian merupakan salah satu moda transportasi yang memiliki karakteristik dan keunggulan khusus daiam kemampuan untuk mengangkut baik penumpang maupun barang secara masai, hemat energi, hemat dalam penggunaan ruang, mempunyai faktor keamanan yang lebih tinggi dan tingkat pencemaran yang rendah serta efisien untuk angkutan jarak jauh dan angkutan dalam kota. Agar dalam penyelenggaraan angkutan KA dapat diperoleh pelayanan jasa transportasi dengan tingkat keselamatan, keamanan, ketepatan, kelancaran dan kenyamanan yang tinggi. Selain memiliki banyak kelebihan, sebagai alat transpormasi masai, pengoperasian kereta api banyak juga terjadi kerusakan. Kerusakan yang fatal dan membahayakan bagi kereta yang lewat adalah kerusakan pada komponen jalan rel yang meliputi kepala rel, bantalan, balas, sambungan dan permukaan jalan rel itu sendiri. Banyaknya kerusakan pada komponen jalan rel akan berdampak pada banyaknya dana yang harus dikeluarkan. Di lain pihak, dana yang tersedia untuk pemeliharaan jalan rel tersebut sangatlah terbatas sedangkan kerusakan-kerusakan yang tejadi sangat banyak. Oleh karena itu dibuat system manajemen pemeliharaan dengan skala prioritas pengelompokan kerusakan, mana yang lebih diutamakan untuk diperbaiki agar dana dapat dialokasikan kepada prioritas utama tersebut dan agar kereta api tetap berjalan dengan baik walaupun dengan segala keterbatasan dana. Studi kasus ini dilaksanakan pada jalur Kertapati-Prabumulih dengan panjang ± 78 km untuk mengetatahi sistem manajemen pemeliharaan rel kereta api dengan dana yang terbatas tetapi keamanannya dapat dipertanggungjawabkan.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
0807000044 | T110874 | T1108742007 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available